Makanan Yang Boleh dan Tidak boleh Dimakan Saat Sakit Lambung

Makanan Yang Boleh dan Tidak boleh Dimakan Saat Sakit Lambung

Bagi penderita sakit lambung atau masalah pencernaan tentunya tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan, dan mereka harus pandai dalam memilih makanan agar penyakit asam lambung tidak kambuh.

Makanan untuk penderita sakit lambung mudah untuk di kelompokkan, hal yang harus kita cari adalah mencari sumber makanan yang baik dan juga tidak baik bagi lambung. Jika anda bingung dalam hal ini, jangan takut, kami punya beberapa contoh makanan yang Boleh dan Tidak boleh Dimakan bagi penderita Sakit Lambung :

1. Gandum dan biji-bijian
Makanan seperti sereal dan juga roti biasanya memiliki kandungan dan juga serat yang baik untuk tubuh, selain itu juga mudah di cerna oleh lambung. Biji-bijian seperti barley, beras merah, dan oatmeal juga merupakan makanan tinggi serat yang dapay membantu dalam melancarkan makanan yang sudah dicerna pada lambung.

2. Makanan kaya protein dan sayuran brokoli
Makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk penderita sakit lambung, namun pilihlah jenis daging yang rendah lemak, seperti daging merah, ikan, dan daging tanpa kulit. Kemudian untuk sayuran brokoli, umumnya sayur ini sangat bagus di makan saat sakit lambung, karena brokli mengandung bahan kimia yang dapat membunuh bakteri jahat.

2 contoh di atas adalah makanan yang boleh di konsumsi penderita sakit lambung, dan yang berikutnya adalah makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh penderita sakit lambung :

1. Makanan manis dan santan
Makanan manis sangat tidak sarankan bagi penderita sakit lambung, karena pastinya mengandung gula refinasi, gula ini dapat menyebabkan kadar insulin meningkat yang bisa membuat fluktuasi gula darah, dan saat gula darah naik kondisi perut yang sakit akibat asam lambung akan terasa perih. Dan santan mengandung gas yang dapat menyebabkan asam pada lambung menjadi meningkat.

2. Makanan pedas dan asam
Sudah jelas tidak boleh mengonsumsi makanan pedas karena dapat membuat lambung menjadi teriritasi, kemudian makanan asam sama hal nya dengan santan, dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *