Sejarah, Informasi dan Fungsi dari Gelang

Gelang merupakan salah satu perhiasan yang sering dipakai di pergelangan tangan maupun kaki yang lebih khas pada kaum wanita. namun sekarang juga banyak kaum pria yang memakai gelang. Gelang biasanya terbuat dari perak , emas, mutiara , kain , kalep , serat dan lainnya.

Sejarah Gelang

Menurut wikipedia, gelang itu sudah ada pada zaman peradaban manusia. pada zaman itu berupa manik manik batu yang kemungkinan besar di jalin sebagai kalung atau gelang. Gelang emas berukir dari kumbang scarab yang asda sejak pada tahun 5000 SM di Mesir Kuno. Gelang emas ini juga ditemukan di peradaban lain seperti Persia, Yunani Kuno, Romawi Kuno, China Kuno, India.

Di Indonesia suku nusantara seperti Nias, Batak, Dayak dan suku lainnya telah mengenal adanya perhiasan seperti gelang, mahkota, kalung sebagai aksesoris penanda status. khususnya pada raja maupun kepala suku. Pada kebudayaan klasik periode Hindu Buddha Indonesia di pulau Jawa dan Bali, gelang ini merupakan perhiasan sebagai tanda status seseorang yang hendak mengenakannya. Biasanya kaum bangsawan, keluarga raja dan orang kaya saja yang bisa mengenakan gelang emas sebagai penanda status sosial.

Fungsi Gelang

Gelang berfungsi sebagai aksesoris, perhiasan maupun penanda status seseorang yang hendak mengenakannya. gelang ini digunakan sebagai penanda perbedaan di banyak kebudayaan. Ada beberapa kebudayaan yang menandakan gelang sebagai kelas sosial dan status penggunanya. Hanya kaum bangsawan, orang kaya, keluarga raja yang bisa menggunakan gelang mewah yang terbuat dari logam mulia seperti emas dan perak yang berhias permata.

Sekarang pada zaman modern gelang dijadikan label, lembar yang tertulis identitas seseorang yang memakainya. misalnya gelang yang dipakai pasien rumah sakit, gelang tag yang digunakan penonton konser, maupun gelang persahabatan. Gelang persahabatan ini biasanya dikenakan sepasang maupun kelompok sahabat yang menunjukan solidaritas tertentu

Gelang Termahal Di Dunia

Ada berapa jenis gelang yang ada di dunia yang harganya itu sampai miliyaran rupiah. Biasanya harga gelang itu dilihar dari segi sejarah, bentuk, bahan dan juga gengsi. jika di pikir memang harga tidak wajar. akan tetapi jika dilelang laku juga.

Merk Gelang Terkenal

Beberapa pembuat perhiasan adalah pembuat gelang yang sudah dikenal diseluruh dunia, Mereka dapat menciptakan beragam jenis gelang yang mahal dan juga mewah. diantaranya adalah Van Cleef & Arpels, Harry Winston, Piaget, Mikimoto, Buccellati.