Bibir Pecah-pecah, Ini 5 Cara yang Mudah untuk Mengatasinya

Bibir pecah-pecah yang menjadi kondisi yang sering dialami pada hampir semua orang. Tak hanya bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman, bibir yang kering dan pecah-pecah juga rentan berdarah yang dapat menyebabkan luka. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar dapat atasi kondisi ini.

Bibir yang merupakan bagian tubuh yang paling unik jika dibandingkan pada bagian tubuh lainnya. Ini disebabkan bibir yang tidak mempunyai kelenjar minyak agar bisa menjaga kelembapan. Maka karena itu, dari paparan sinar matahari dapat membuat bibir menjadi kering.

Penyebab dan Gejala Bibir Pecah

Pada sebagian orang yang beranggapan jika bibir pecah hanya bisa terjadi pada saat musim panas atau kemarau saja. Sementara itu, kondisi ini dapat dikarenakan karena adanya berbagai hal, sampai dengan ketika udara atau cuaca dingin sekalipun.

Ada beberapa kondisi medis yang tertentu dapat membuat bibir pecah-pecah, yaitu kurang gizi, iritasi dan efek samping dari obat-obatan.

Kondisi ini dapat semakin buruk jika tidak dirawat dengan baik. Beberapa gejala pada bibir pecah-pecah yang bisa muncul: yaitu:

1. Bibir yang terasa kering, hingga sampai terkupas
2. Muncul sisik pada bagian bibir
3. Terdapat luka
4. Bengkak
5. Berdarah

Cara atasi bibir pecah-pecah

Anda jangan khawatir jika anda mengalami bibir pecah-pecah, ini karena ada beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan agar bisa menghilangkan dan juga mencegah terjadinya bibir pecah-pecah, yaitu:

1. Kurangi kebiasaan menjilat bibir

Banyak orang yang sering melakukan jilat bibir agar bisa membasahi dan juga mangtasi bibir yang kering. Akan tetapi, pada kenyataannya, sering menjilat bibir yang bisa mengakibatkan buruk kondisi bibir pecah-pecah.

Ini dikarenakan air liur yang lebih cepat menguap dibandingkan bisa menyebabkan kondisi bibir yang lebih kering daripada yang sebelumnya dibasahi menggunakan air liur.

2. Gunakan pelindung bibir

Anda bisa menggunakan pelembab bibir yang bisa mencegah kondisi bobor pecah-pecah yang terutama disaat sedang beraktivitas pada sinar matahari. Anda juga dapat mencoba menggunakan pelembab bibir yang alami, yaitu madu, lidah buaya, minyak zaitun, agar bisa mengatasi bibir yang pecah-pecah.

3. Hindari pemicu dari alergi

Dalam kondisi ini bibir yang pecah-pecah dapat terjadi karena reaksi alergi tubuh yang terdapat pada suatu zat. Maka itu, anda sebisa mungkin untuk menghindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang dapat memicu alergi.

4. Cukup konsumsi cairan tubuh

Anda bisa kekurangan cairan pada tubuh yang dapat membuat bibit menjadi pecah-pecah. Maka itu, sangatlah penting jika anda harus selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang diminum yang setidaknya 8 gelas pada setiap harinya.