Beberapa Cara Menyapih Anak dari Empeng Kesayangan

Bagi semua orang tua pasti sangat sulit untuk menyapih anak anak yang terikat dengan dot atau empeng kesayangannya.namun tidak semua anak anak menyukai empeng.sebagian anak anak bisa dikatakan 50 % menyukai dan 50% juga tidak menyukainya.

sejak dahulu bisa dikatakan kenapa anak anak sangat menyukai empeng kesayangan mereka karena kebiasaan anak anak yang mengempeng bisa membuatnya sangat nyamaman dan menjadi teman tidur mereka. dan bagi sebagian bunda empeng dapat dijadikan salah satu barang ampuh yang dapat menghentikan tangisan dan kerewelan anak.dan dari situlah kebiasaan mengempeng jadi sangat sulit unuk dilepas.

Bagi Para sebagian orang tua pastinya sangat merasa bingung dan kesulitan bagimana cara melepaskan barang ketergantungan pada anak kita dikarenakan anak anak sudah harus memasuki usia sekolahnya.sebelum memasuki usia sekolah atau usia anak 3 tahun sebenarnya kita sudah harus menghentikan kebiasaan mengempeng mereka.

Adapun beberapa tips dalam menyapih anak dari empeng kesayangan yaitu:
1.Batasi Penggunaan Empeng
cara membatasi penggunaan empeng adalah dengan cara memberi dia empeng pada saat dirumah saja dan jika berpergian sebaiknya jangan dikasih pada anak anak.dan sebaiknya menggunakan empeng sewaktu anak kita merasa ngantuk dan mau tidur.terlepas dia sudah bangun tidur sebaiknya bunda segera melepaskan empeng tersebut.segeralah menghilangkan empeng sepenuhnya pada saat anak kita sudah tertidur pulas.

2.membuat empeng menjadi kelihatan tidak menarik
salah satu kebiasaan anak anak untuk sulit melepaskan empengnya adalah dengan cara membuat nya tidak kelihatan menarik atau berbeda.itu artinya bunda harus membuat empeng menjadi mempunyai rasa berbeda. salah satu contohnya seperti mencelupkan empeng kesayangan si kecil pada jus lemon ataupun air jeruk nipis.adapun cara lain yang bisa bunda lakukan adalah dengan cara memotong ujung empeng agar bisa mengurangi kepuasaan untuk menghisapnya.

3.Pemilihan Waktu yang tepat
cara menyapih anak anak dari empeng kesayangan adalah memberikan pada waktu yang tepat.bunda seharusnya harus berpandai dalam mengatur waktu dalam mengasih empeng.misalnya pada saat kedatangan tamu ataupun pada saat diluar rmh saat berpegian sebaiknya jangan memberikan anak kita empeng.

4.Memberikan objek transisi
maksud dari memberi si kecil objek transisi adalah supaya bisa menjadi pengganti empeng dan memberikan barang yang baru seperti mainan baru,boneka,buku dan lain lain agar si kecil perlahan lahan bisa melupakan empeng kesayangannya.

5.Memberikan Penjelasan
salah satu menghentikan kebiasaan dalam mengempeng adalah memberikan penjelasan yang jelas kepada anak anak mengapa kita harus melepaskan empeng yang menempel pada diri anak kita selama bertahun tahun.sebagai bunda harus memberi penjelasan bahwasannya si kecil sekarang sudah tidak pantas atau cocok dikarenakan dengan usia yang sudah besar dan sudah memasuki usia sekolah seharusnya tidak ada yang memakan empeng kesayangan.

dan inilah beberapa tips menyapih si kecil dari empeng kesayangannya.semoga dapat dilakukan para bunda dan selamat untuk mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.