Dampak Perang Ukraina dan Rusia Terhadap Ekonomi Dunia

Selain di Bidang Finansial, Ini Dampak Perang Rusia-Ukraina bagi Indonesia  - Nasional Tempo.co

Kamu tentunya sudah mendengar kabar tentang perang antara Rusia dan Ukraina yang yang baru-baru saja terjadi bukan ? dimana konflik diantara keduanya tidak hanya berdampak secara fisik saja namun juga mempengaruhi perekonomian global loh, ini terjadi dikarenakan ekonomi global ini saling terhubung satu dengan lainnya.

Invasi yang telah dilakukan Rusia terhadap Ukraina ini akan menghambat proses pemulihan ejonominya akibat pandemi covid dikawasan Eropa dan dunia, lantas dampak apa saja sih yang terjadi akibat terjadinua perang dikedua negara ini ?

Beberapa dampak yang timbul akibat perang antara Ukraina dan Rusia
1. Harga minyak dunia
kita sendiri tau bahwa Rusia merupakan penghasil minyak terbesar ke 2 didunia , serangan Rusia ke Ukraina ini telah mempengaruhi harga minyak dunia , dimana Ruisa sendiri merupakan sebuah negara yang kaya akan sumber daya energi,

Dimana Rusia ini bisa memproduksi sekitar 10jt barel minyak/ harinya loh , sehingga  jika ada aliran minyak yang terganggu oleh krisis akibat perang ini maka harga minyak akan dengan mudahnya melonjak dengan cepat dan jika ekspor minyak dari Rusia ini berkurang setengahnya saja maka harga minyak mentah juga akan melonjak tinggi.

2. Ancaman inflasi
ketanganan antara Rusia dan Ukraian bisa membuat inflasi di beberapa negara menjadi memburuk. JIka harga minyak naik maka tingkat inflasi  dinegara AS secara tahunan akan naik sampai 10%.

Harga minyak yang tinggi ini tentunya akan dibebankan pada perusahaan hingga konsumen, selain energi ada komoditas lain yang bisa mengalami gejolak harga seperti aliminium, logan dan paladium, semua ini bisa saja terjadi jika pada saat sebuah  pasokan pada komoditas akan  lebih tertekan daripada sebelumnya  dalam  beberapa akhir tahun terakhir ini.

3. Gejolak pasar saham
saat ini para investor sedang fokus pada konflik Rusia dan Ukraina, tanda- tanda eskalasi perang ini membuat para investor akan menahan transaksi mereka dipasar saham, para pemegang saham  berpotensi melakukan aksi jual besar-besaran karena kenaikan harga minyak dunia dan inflasi yang dikarenakan oleh aksi militer Rusia yang membuat investor khawatir dengan pemulihan ekonomi dunia. Ketidakstabilan pasar bisa merusak kepercayaan antara konsumen dan pelaku bisnis.

4. Pertumbuhan Ekonomi akan melambat
kamu tentu paham akibat dari terjadinya inflasi bukan , inflasi dan peperangan memang bisa mengganggi stabilitas pada politik dan pertumbuhan ekonomi dunia , hal ini sangat dikhawatirkan bisa terjadi kepada invasi yang dilakukan oleh rusia

Inilah beberapa dampak yang disebabkan oleh terjadinya perang antara Ukraina dan Rusia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.