Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Makan Tomat Setiap Hari

Tomat Itu Buah Atau Sayuran? Ini Penjelasannya - Global Liputan6.com

Tomat adalah salah satu jenis buah yang paling disukai banyak orang. Selain bisa dijadikan bahan masakan, tomat juga bisa dijadikan sebagi makanan camilan dan dapat dikonsumi dalam keadaan mentah.

Buah merah ini dengan manfaat kesehatan. Kulit, biji dan daging tomat bisa dikonsumsi karena banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah tomat.

Tomat dikaitkan dengan senyawa yang sering disebut dengan likopen, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebetulnya, setiap yang namanya buah merah atau sayuran mengandung sedikit likopen—zat yang memberi buah tomat berwarna merah cerah.

Akan tetapi, tomat memiliki kandungan yang lebih banyak likopen daripada sayuran lainnya, dengan tomat yang berukuran sedang memiliki berat sekitar 2-3 gram. Yang bikin menarik adalah jus tomat memiliki banyak likopen daripada tomat mentah.

1. Tomat bisa melindungi kulitmu

tomat dapat membantu dalam perlindungan terhadap sinar matahari yang berbahaya dan dapat menurunkan risiko terbakar akibat sinar matahari.

Para ilmuwan percaya akan hal ini karena tingginya konsentrasi karotenoid, yaitu komponen likopen.

Tetapi, para peneliti juga menunjukkan bahwa kita tak dapat mengganti tabir surya dengan hanya mengonsumsi tomat. Selain daripada itu, manfaat kesehatan ini memiliki bukti bahwa tomat memiliki sifat anti-penuaan.

2. Baik untuk jantungmu

Likopen merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel yang ada pada tubuhmu dari oksidasi. Ada juga penelitian yang menunjukkan jika orang yang mengonsumsi likopen akan lebih rendah mengalami resiko terjadinya penyakit diabetes, stoke, jantung.

Likopen berperan menurunkan kadar kolesterol “jahat,” serta tekanan darah. Yang mengakibatkan kesempatan Anda untuk terkena penyakit jantung.

Selain dari itu, tomat memiliki vitamin dan nutrisi lain, misalnya vitamin B, E dan flavonoid yang dapat menjaga kesehatan jantungmu.

3. Baik untuk paru-paru

Sifat antioksidan likopen dapat menjaga kadar radikal bebas dan dapat melindungi tubuh anda dari masalah pernapasan.

Tomat mengadung beta-karoten yang sering dikenal dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Dan juga dapat memperlambat penuaan paru-paru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.